Mengurangi Berat Badan Itu Susah Susah Gampang

Sewaktu kelas 2 SMA, berat badan saya 49 kg dan tinggi badan saya 160 cm. Namun saat kelas 3 SMA, entah mengapa nafsu makan saya bertambah 2 kali lipat sehingga berat badan saya mencapai 54 kg. Sungguh mengejutkan, ketika teman-teman saya mengomentari berat badan saya. Baju dan rok sekolah pun terasa sempit. Ukuran baju yang biasa S langsung berubah menjadi L. Ukuran celana 29 menjadi 32. Benar-benar luar biasa drastisnya.

Saat memasuki Perguruan Tinggi, berat badan pun kian bertambah mencapai 60 kg. Benar-benar diluar dugaan. Celaan pun muncul dari teman-teman saya dan membuat saya semakin minder. Setiap naik kendaraan umum, mereka selalu bilang “bang, yang gendut bayar dua”, atau “sempit-sempitin bangku aja nih”, “buset perut lo gede banget”, “gila, lengan lo tambah gede”. Semua itu muncul dari bibir mereka. Entah mereka sadar atau tidak, mereka sudah menyakiti perasaan saya.

Setelah itu, saya berniat untuk mengakhiri masa jomblo saya. Mungkin laki-laki tidak ingin mempunyai pacar yang berbadan gemuk. Saat libur semester genap, selama 3 bulan saya berniat mengurangi berat badan saya. Saya mengurangi konsumsi nasi dan garam. Saya pun hanya makan sekali sehari, yaitu pada sore hari. Saya juga mengurangi cemil-cemilan, benar-benar mengubah pola makan saya.

Sebenarnya saya sangat takut diet yang terlalu berlebihan seperti itu. Badan saya pun sering gemetar, mungkin karena kurangnya asupan gizi yang saya konsumsi. Namun, apa pun akan saya lakukan untuk mengurangi berat badan. Selama 3 bulan itu pun, saya tidak menimbang berat badan saya supaya saya lebih puas apabila saya mengetahui berat badan saya berkurang sangat banyak setelah 3 bulan.

3 bulan pun berlalu, saya merasa ada yg berbeda dari diri saya. Benar-benar mengejutkan ketika saya menimbang berat badan saya dari 60 kg menjadi 49 kg. Saya sangat bersyukur sekali. Ternyata ada hikmah dari celaan teman-teman saya sehingga membuat saya termotivasi untuk mengurangi berat badan. Terimakasih teman-teman🙂

Leave a Reply

