Waspadai Nomor Palsu Call Center Pada Mesin ATM

Bagi pemilik rekening Bank Mandiri diminta berhati hati saat melakukan transaksi penarikan uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri.

Bila saat melakukan penarikan uang tunai di ATM Bank Mandiri terdapat stiker yang tertera nomor telepon call center Bank Mandiri, pastikan dulu bahwa nomor telepon tersebut adalah nomor telepon resmi call center Bank Mandiri, dan apabila anda meragukan keaslian nomor telepon call center tersebut sebaiknya jangan melakukan penarikan uang tunai di ATM tersebut.

Langkah selanjutnya cabut stiker yang bertuliskan call Mandiri dengan nomor telepon palsu tersebut. Karena mesin ATM yang berstiker call center sudah diotak- atik, pasti mesin ATM akan ketelan dan uang akan hilang semuanya.

Sindikat pelaku dengan modus menempelkan stiker call center telah beroperasi diberbagai kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Medan.

Untuk diketahui call Bank Mandiri ada pada nomor 14000 dan (021)5299-7777 serta tidak ada nomor lain.

Sementara menurut informasi yang beredar hal serupa juga terjadi pada ATM lainnya dengan modus yang sama, menempelkan stiker pada ATM tersebut.

Trik mencegah uang anda ludes di ATM oleh penipu:

  • Jaga selalu kerahasiaan nomor PIN anda. Jangan memberikan nomor PIN anda kepada pihak lain, baik secara langsung maupun percakapan telepon. Bahkan seluruh karyawan bank pun tidak diberi wewenang untuk meminta nomor PIN dari nasabahnya.
  • Tanyakan dan catatlah nomor call center bank anda kepada petugas bank. Apabila menemukan nomor call center palsu, buanglah agar nasabah lain tidak menjadi korban penipuan.
  • Apabila kartu anda tertelan, pastikan benar-benar tertelan (bukan terganjal). Dorong kartu anda dengan kartu lain, atau kartu SIM, KTP, dll.
  • Segera minta/telepon bank untuk memblokir kartu ATM anda melalui call center yang benar.
  • Pergi ke bank tempat anda membuka kartu ATM. Ambil kartu anda dan segera ganti nomor PIN-nya.
  • Himbau bank yang memiliki fasilitas ATM, agar melengkapinya dengan petugas jaga. Pastikan petugas menjaga dan membuang stiker atau selebaran yang bisa menjebak pengguna ATM lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: